8 Cara Mencegah Stroke Sejak Dini, Simak Ya!

8 Cara Mencegah Stroke Sejak Dini, Simak Ya!

8 Cara Mencegah Stroke Sejak Dini – Walaupun seringkali di alami orang lanjut usia, penyakit stroke tetap bisa terjadi pada berbagai kalangan. Maka dari itu, penting untuk menerapkan berbagai cara mencegah stroke sejak dini.

Ya, ada beberapa cara mencegah stroke sejak dini yang dapat Anda lakukan. Salah satu caranya yaitu dengan rutin berolahraga. Rutin berolahraga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Di mana, naiknya tekanan darah menjadi salah satu pemicu terjadinya stroke. Di samping itu, ada beberapa langkah pencegahan stroke lainnya yang dapat Anda lakukan sedari dini. Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut, ya!

  • Cara Mencegah Stroke Sejak Dini

Otak adalah organ vital yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup manusia karena saling terkait dengan organ tubuh lainnya. Ketika otak mengalami gangguan, fungsi organ tubuh lain juga akan terdampak dan bisa mengakibatkan kondisi serius, seperti cacat fisik hingga membahayakan nyawa. Salah satu gangguan pada otak yang sering terjadi adalah stroke.

Lebih tepatnya, stroke merupakan suatu masalah kesehatan yang terjadi karena terganggunya suplai darah ke bagian otak. Kini, kasus stroke di usia muda sudah cukup sering di temukan. Oleh karena itu, ada beberapa cara mencegah stroke sejak dini untuk mengatasi hal tersebut, seperti mengonsumsi makanan bergizi, berhenti merokok, rutin berolahraga, dan lain-lain.

1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara mencegah stroke sejak dini yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Anda di sarankan untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan pesan gizi seimbang.

  • Beberapa hal yang penting untuk di perhatikan dalam mengonsumsi makanan sehat yaitu:

Variasikan makanan dengan nutrisi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, serat, dan lain sebagainya.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Batasi konsumsi makanan asin, manis, dan berlemak.

Minum air putih yang cukup, minimal 2 liter per hari.

2. Menghindari Makanan Tinggi Garam

Seperti yang sudah sempat di singgung pada bahasan sebelumnya, konsumsi makanan tinggi garam juga perlu di batasi. Makanan tinggi garam di ketahui dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Di mana, hipertensi merupakan salah satu faktor risiko dari terjadinya stroke. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas konsumsi garam per orang yaitu tidak lebih dari 2.000 mg sehari.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merupakan gaya hidup tidak sehat yang perlu di berhentikan untuk mencegah stroke sejak dini. Pasalnya, merokok dapat memicu penggumpalan darah dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini memungkinkan terjadinya gangguan aliran darah menuju otak.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin, minimal 4-5 kali dalam seminggu, akan membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Anda dapat melakukan beberapa olahraga sebagai upaya pencegahan stroke, di antaranya yaitu jalan pagi, bersepeda, berenang, dan lain-lain.

5. Melakukan Diet

Selain hipertensi, obesitas juga menjadi salah satu faktor risiko stroke. Lantaran, obesitas dapat memicu munculnya plak lemak pada arteri yang mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh, salah satunya otak. Maka dari itu, Anda di sarankan untuk menjaga berat badan proporsional lewat program diet sehat. Namun, pastikan untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh walaupun sedang diet, ya!

6. Mengobati Diabetes bagi Penderitanya

Kadar gula darah tinggi yang di alami oleh penderita diabetes dapat memicu terjadinya sumbatan pada pembuluh darah. Oleh karena itu, penderita di abetes perlu mengatasi masalah kesehatannya secara medis agar terhindar dari komplikasi penyakit stroke.

7. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

Cara mencegah stroke sejak dini berikutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Ya, pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu Anda untuk mengenali kondisi tubuh secara keseluruhan. Dengan begitu, kondisi kesehatan yang bisa memicu terjadinya stroke dapat terhindari sedini mungkin.

8. Mengendalikan Emosi

Di samping menjaga kebugaran tubuh, kesehatan mental juga penting untuk di perhatikan sebagai cara mencegah stroke sejak dini. Salah satu hal yang perlu di perhatikan dalam menjaga kesehatan mental yaitu mengendalikan emosi dengan baik. Emosi yang meluap-luap di ketahui dapat meningkatkan produksi hormon epinefrin. Di mana, epinefrin dapat memicu peningkatan tekanan darah dalam tubuh dan berkaitan dengan hipertensi sebagai faktor risiko stroke.

Ketika emosi sedang meluap, sebaiknya hirup napas dalam-dalam. Atau, Anda juga dapat melakukan yoga dan mendengarkan musik untuk melatih fisik dan mental untuk tetap tenang ketika menghadapi masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top