https://lpkabatam.com/

5 Ide Bisnis Dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner Indonesia

5 Ide Bisnis Dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner Indonesia

5 Ide Bisnis Dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner Indonesia – Jagung adalah tanaman pangan yang masuk pada golongan buah kering. Melainkan, pendapat jagung yakni ragam sayur telah mendarah daging pada banyak kalangan. Terlepas dari kategorinya, banyak sekali inspirasi bisnis dari jagung sebagai kesempatan usaha lebih-lebih di bidang masakan.

Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumsi karbohidrat tinggi. Salah satu sumber pemenuhan keperluan karbohidrat di dapat dari nasi, jagung, dan ragam umbi-umbian lainnya. Pencampuran bahan-bahan hal yang demikian juga di ciptakan olahan makanan pokok pada banyak tempat di Indonesia. Salah satunya nasi jagung, pencampuran beras dan jagung yang di tumbuk lebih kecil. Berikut ini merupakan 5 Ide Bisnis Dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner. Disimak yaa!

Inilah 5 Ide Bisnis dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner :

1. Nasi Jagung

Cara pengolahan nasi jagung sungguh-sungguh gampang. Seperti pengolahan nasi pada biasanya, cuma di tambah dengan campuran jagung tua yang di pipil dan di hancurkan. Penyajian nasi jagung setiap tempat berbeda-beda. Nasi jagung umumnya di ciptakan menu sarapan berdampingan dengan lauk tempe, tahu, ikan asin dan tumisan sayur. Nasi jagung sebagai olahan tradisional khas Indonesia ini dapat di ciptakan inspirasi bisnis modern. Lakukan sebagian penemuan dengan menambahkan ragam pada lauk atau campuran nasi jagung dengan umbi-umbian lain. Kemas produk dengan packaging yang menarik dan sederhana.

2. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Olahan jagung yang satu ini yakni ragam yang paling diketahui dan di gemari masyarakat. Rasanya yang manis gurih membikin jasuke tergolong ragam dessert tradisional simpel dan ekonomis. Berbahan dasar jagung dan di campur susu bertoping keju, membikin jasuke menjadi jajanan patut dan makanan ringan pengganjal perut.

Jasuke lazimnya di jajakan di pinggir jalan atau pada zona taman bermain. Di sentra perbelanjaan modern juga telah banyak food court yang memasarkan olahan jagung ini. Pengemasan yang menarik dan pemberian ragam rasa dan toping membikin tren jasuke kian menanjak.

Jasuke dapat di ciptakan salah satu inspirasi bisnis dari jagung dengan modal minim. Pengolahan yang gampang dan sumber tenaga yang berlimpah membikin kesempatan bisnis ini banyak dilirik usahawan pemula. Tekstur dan rasa yang sedap di lidah membikin pasar olahan ini datang dari bermacam-macam kalangan umur, si kecil-si kecil hingga kaum lanjut umur.

3. Lepet Jagung

Panganan tradisional berbahan dasar jagung yang dapat di ciptakan inspirasi bisnis selanjutnya yakni lepet jagung. Olahan kudapan manis yang umum di temukan di pasar tradisional ini adalah makanan khas di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lazim di sandingkan dengan secangkir teh manis atau kopi, jajanan ini banyak di olah sendiri oleh kaum ibu di rumah. Di kala ini, keberadaannya yang mulai langka dapat menjadi salah satu alasan bisnis lepet jagung ini semestinya dilakukan. Kecuali sebagai usaha mencari penghasilan, sistem ini sekalian untuk menyampaikan makanan tradisional pada kaum muda supaya tak punah. Tak butuh modal besar untuk mengawali usaha masakan ini, skill memasak tepat-pasan juga dapat membuatnya.

Bahan dasar yang di perlukan untuk mengolah lepet jagung terdiri dari jagung yang telah di sisir. Tumbuk atau tekan sampai terpisah dari kandungan airnya. Kemudian campurkan jagung tadi dengan kelapa parut, tepung maizena dan tepung terigu. Sebagai penyeimbang rasa, tambahkan gula dan sedikit garam. Kasih tambahan vanili untuk memperkuat wangi-wangian. Campurkan segala bahan sampai merata. Bungkus dengan daun pisang atau daun jagung, kemudian kukus sampai matang.

4. Tinutuan (Bubur Manado)

Beberapa dari penikmat masakan berbahan dasar jagung pasti masih asing dengan nama olahan yang satu ini. Tinutuan atau yang lebih di ketahui dengan sebutan bubur Manado. Mempunyai tekstur seperti bubur pada biasanya, yang menjadi pembeda hanyalah warna bubur yang agak kekuningan sebab berbahan dasar jagung.

Tinutuan terbuat dari campuran jagung manis, labu kuning, beras dan berbagai ragam sayuran. Kecuali sehat ini sesuai di konsumsi sebagai sarapan ketika musim hujan. Kecuali itu, olahan ini dapat diciptakan inspirasi bisnis rumahan yang menjanjikan.

Pengolahan yang gampang dan berbahan dasar simpel membikin bubur ini tak susah untuk di duplikasi. Bubur yang sesuai di konsumsi mulai dari balita sampai dewasa akan membikin sasaran pasar lebih besar. Tak perlu berkreasi ragam-ragam, cukup buat bubur jagung simpel di tambah campuran lauk akan membikin bisnis kecil ini berjalan.

5. Jagung Titie (Ide Jagung)

Dapat bisnis dari jagung selanjutnya yang dapat di coba yakni olahan kerupuk jagung. Jagung titie yakni makanan khas pulau Flores yang terbuat dari jagung. Progres di katakan jagung titie ini termasuk pada golongan makanan ringan atau camilan. Olahan jagung titie tersedia dalam bermacam-macam varian rasa, mulai dari karamel sampai asin. Cara pembuatan kerupuk jagung ini cukup gampang. Siapkan jagung pulut yang sudah di pipil. Sangrai hingga hangat kemudian geprek sampai berbentuk pipih seperti kerupuk atau emping. Olahan ini dapat di kreasikan dengan penambahan varian rasa baru, seumpama pedas, keju sampai cokelat. Sebagian pula kemasan praktis yang gampang di bawa sebagai oleh-oleh.

Nah itu dia 5 Ide Bisnis Dari Jagung Sebagai Usaha Kuliner Indonesia. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencari ide usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top