10 Tipe Honda Astrea Yang Populer Di Indonesia

Tipe Honda Astrea

10 Tipe Honda Astrea Yang Populer Di Indonesia – Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980-an, ada banyak varian motor Honda Astrea yang telah beredar di Indonesia. Dan pas ini, pamor motor bebek lawas selanjutnya kembali mendapatkan penggemar baru di kalangan anak muda, yang menyebabkan popularitas Honda Astrea kembali meningkat.

Pada awal kemunculannya, Honda Astrea dirancang sebagai motor bebek bersama dengan desain yang simple tetapi handal dan tahan lama. Motor ini tawarkan performa yang baik serta efisiensi bahan bakar yang tinggi, supaya amat sesuai untuk keperluan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, Honda Astrea mengalami lebih dari satu pembaru

an dan pengembangan. Varian-varian Astrea yang tidak sama diluncurkan bersama dengan desain yang diperbarui dan fitur-fitur yang lebih modern. Meskipun demikian, motor ini selalu mempertahankan karakteristiknya sebagai motor bebek yang andal dan enteng dirawat.

Keberhasilan Honda Astrea tidak cuma terdapat pada performanya, tetapi juga pada popularitasnya di kalangan masyarakat Indonesia. Motor ini menjadi lambang kehandalan, ketahanan, dan kesederhanaan, serta menjadi pilihan favorit bagi banyak pengendara di beraneka daerah.

Meskipun produksinya telah dihentikan, warisan Honda Astrea masih merasa sampai pas ini. Banyak penggemar motor klasik yang masih menjunjung dan mencari tipe Astrea bekas untuk dikoleksi atau dikendarai. Honda Astrea menjadi anggota tak terpisahkan dari sejarah industri sepeda motor di Indonesia dan tetap dikenang sebagai motor bebek legendaris yang memberi tambahan pengaruh yang signifikan.

Berikut adalah 10 tipe Honda Astrea yang dipasarkan di Indonesia:

1. Honda Astrea 700

Astrea 700 adalah versi pertama sepeda motor bebek yang diberi nama Astrea oleh Honda. Motor ini diproduksi oleh Federal Motor (sekarang dikenal sebagai Astra Honda Motor) sekitar tahun 1981-1983.

Astrea 700 memiliki mesin berkapasitas 70 cc. Dengan transmisi tiga percepatan, pada awalannya Astrea 700 bisa menggapai kecepatan maksimum sampai 80 Km/jam.

2. Honda Astrea 800

Astrea 800 bisa bersama dengan sadar dikenali sebagai versi upgrade dari Astrea 700 berdasarkan namanya. Selain peningkatan kapasitas mesin menjadi 86 cc, berlangsung juga perubahan pada desainnya.

Salah satu perubahan yang paling mencolok terdapat pada stoplampnya. Perubahan wujud stoplamp ini juga menggabungkan lampu sein yang di awalnya terpisah pada generasi sebelumnya. Astrea 800 selalu ditambah bersama dengan transmisi tiga percepatan, tetapi pengapian motor ini telah mengfungsikan sistem CDI.

3. Honda Astrea Star

Dalam perihal spesifikasi, sebenarnya tidak banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Namun, secara tampilan, Astrea Star merasa membuktikan arah yang lebih modern. Meskipun masih mengfungsikan sokbreker depan konvensional dan belum mengfungsikan suspensi teleskopik.

4. Honda Astrea Prima

Astrea Prima memiliki peningkatan kapasitas mesin dari generasi sebelumnya, yaitu menjadi 95 cc. Selain itu, transmisinya juga telah ditingkatkan menjadi empat percepatan, supaya performanya menjadi lebih baik. Berbeda bersama dengan pendahulunya, Astrea Prima telah mengadopsi suspensi teleskopik pada sokbreker depannya.

5. Honda Astrea Grand

Dalam perihal penampilan, Astrea Grand telah membuktikan modernisasi yang lebih nyata. Selain mengfungsikan sokbreker teleskopik, Astrea Grand juga telah menyingkirkan ‘cepitan buku’ yang di awalnya selalu ada di atas sepatbor depan. Dengan menyingkirkan cepitan buku tersebut, Astrea Grand nampak lebih muda dan tidak nampak ketinggalan zaman.

Baca Juga : 5 Komunitas Motor Bebek Retro Terbaik di Indonesia

6. Honda Astrea Supra

Nama Supra telah memadai dikenal oleh banyak orang. Saat ini, Supra sering disebut sebagai motor yang banyak digunakan oleh para bapak-bapak. Mungkin perihal ini disebabkan dikarenakan banyak bapak-bapak yang memilih Supra sebagai motor pilihannya.

Mulai diluncurkan pada tahun 1997, desain Astrea Supra telah mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan bersama dengan masa Astrea Grand. Bentuknya lebih aerodinamis dan ukurannya juga lebih besar, supaya memberi tambahan kemampuan akomodasi yang lebih baik.

7. Honda Astrea Impressa

Meskipun lahir pada tahun yang sama, yaitu tahun 1997, desain Astrea Impressa masih mempertahankan gaya desain dari masa Astrea Grand. Mungkin pas itu Honda merancang Astrea Impressa untuk orang-orang yang belum siap untuk mengikuti perubahan desain dari Astrea Grand.

Terlepas dari itu, pada pas itu, Astrea Grand dan keluarganya telah menjadi legenda, menjadi mungkin Honda memilih untuk selalu menghadirkan Impressa sebagai alternatif kalau Supra bersama dengan tema desain moderen tidak berhasil didalam pasar.

8. Honda Astrea Supra X

Diperkenalkan pada tahun 2001, Astrea Supra X memiliki perbedaan yang mencolok bersama dengan Supra pada sistem pengereman depan yang telah mengfungsikan rem cakram. Astrea Supra X sendiri memiliki lebih dari satu varian, antara lain Supra V dan Supra XX, keduanya ditambah bersama dengan kopling manual. Perbedaannya terdapat pada sistem pengereman, di mana Supra V mengfungsikan rem tromol tetapi Supra XX mengfungsikan rem cakram untuk anggota depan.

9. Honda Astrea Legenda 1

Honda nampaknya memiliki kemauan untuk membagi varian Astrea ke didalam dua segmen, yaitu satu untuk Astrea bersama dengan gaya desain masa Grand, dan yang lainnya bersama dengan gaya desain Supra. Astrea Legenda 1, yang diperkenalkan pada tahun 2001, memiliki desain yang kembali serupa bersama dengan Astrea Grand dan Astrea Impressa.

Dapat dikatakan bahwa Astrea Legenda 1 sebenarnya merupakan versi baru dari Astrea Impressa. Sementara itu, Supra merupakan segmen baru yang dicoba Honda untuk bersaing bersama dengan kompetitor, bersama dengan desain yang lebih modern.

10. Honda Astrea Legenda 2

Setelah Kedatangan Legenda 1, kini Legenda 2 datang untuk memberi salam masyarakat. Terlihat lebih sadar bahwa Legenda 2 bukanlah penerus dari Supra, melainkan datang didalam segmen yang tidak sama bersama dengan mesin berkapasitas 97 cc, serupa layaknya Astrea Grand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top